logo blog
Advertise 728x90

Manfaat Hijab Untuk Kesehatan

Manfaat Hijab Untuk Kesehatan


Sahabat Tyler muslimah tahukah anda pada dasarnya memang hijab dapat membuat yang memakainya menjadi sehat, bukan hanya sebagai trend fashion semata.
Namun hijab yang transparan akan percuma jika anda gunakan belum dapat mencegah sinar matahari yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit.

Hijab adalah pakaian yang menutup seluruh bagian tubuh, kecuali tangan (telapak tangan dan punggung tangan) serta wajah yang dapat mencegah sinar radiasi ultra violet C penyebab penyakit Kanker Kulit.
Karena jumlah radiasinya sangat sedikit, selama ini sinar ultra violet C jarang anda perhitungkan, tidak seperti sinar ultra violet A dan B.

Walaupun dengan segala kesibukan anda dalam beraktivitas, hijab sudah dapat meyesuaikan model dan trend fashion yang selalu berkembang sesuai dengan segala aktivitas anda.  

Tanpa kita sadari dikarenakan usia bumi yang semakin renta serta rusaknya lapisan ozon dan atsmosfer bumi akibat pemakaian Freon dan bahan adiktif gas-gas lainnya, sinar ultra violet C semakin mudah masuk ke bumi.


Hijab dapat mencegah kontak secara langsung antara kulit terlindung dari bahaya sinar ultra violet matahari. Secara ilmiah hal itu terbukti bahwa terkena sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kulit yang berbahaya bagi kaum hawa.

Inilah beberapa manfaat hijab bagi kesehatan yang perlu anda ketahui sebagai hijabers adalah sebagai berikut :
1. Menjaga Kesehatan Rambut
Dengan berhijab anda dapat melindungi rambut dari debu, sinar UV dan polusi, sehingga rambut anda lebih terjaga kesehatan dan kebersihannya. Apabila rambut secara langsung berinterkasi dengan dunia luar bisa membuat warna kemilau rambut anda menjadi kusam dan tidak cerah

2. Solar Keratoses (Peradangan Kulit Luar)
Penyakit ini dapat menimbulkan kulit anda akan terlihat seperti sisik-sisik kasar yang tampak pada bagian yang terbakar. Keadaaan ini dapat berkembang menjadi kanker kulit yang menyerang sel gepeng squamous cell.

3. Memperlambat efek gejala penuaan
Penuaan adalah proses alamiah yang sudah pasti anda alami oleh semua orang yaitu lambatnya proses pertumbuhan dan pembelahan sel-sel dalam tubuh kita. Gejala-gejala penuaan diantaranya adalah rambut memutih, kulit keriput, dan sebagainya

4. Solar Urticaria (Gatal-gatal karena sinar matahari)
Penyakit ini dapat dapat diderita pada pria maupun wanita, meskipun cukup jarang dijumpai. Kebanyakan kasus terjadi sebelum usia 40 tahun.
Gejalanya akan terlihat langsung ketika anda terkena sengatan matahari.
Penyakit ini biasanya menyerang bagian wajah dan punggung tangan. Kondisi ini akan semakin parah jika anda seiring dan makin lamanya terkena sengatan matahari.

5. Mencegah penyakit kanker kulit
Kanker yaitu sekumpulan penyakit yang menyebabkan sebagian sel tubuh berubah sifatnya. Kanker kulit adalah tumor-tumor yang terbentuk akibat kekacauan dalam sel yang disebabkan oleh penyinaran, zat-zat kimia, dan sebagainya.
Beberapa penelitian menunjukkan kanker kulit biasanya disebabkan oleh sinar Ultra Violet (UV) yang menyinari wajah, leher, tangan, dan kaki.
Kanker ini banyak menyerang orang berkulit putih, sebab kulit putih lebih mudah terbakar matahari.
Kanker tidaklah membeda-bedakan antara laki-laki dan wanita. Namun, kaum hawa memiliki daya tahan tubuh lebih rendah daripada kaum adam.
Oleh karena itu, kaum hawa lebih mudah terserang penyakit khususnya kanker kulit.
6. Sunburn (Terbakar Sinar Matahari)
Sunburn dipicu oleh sengatan matahari yang kadarnya melebihi daya tahan kulit terhadap UV, seperti luka bakar karena api, baik gejala maupun tingkatannya. Sunburn terjadi pada sebagian orang berkulit cerah setelah terkena terik matahari kurang dari seperempat jam.
Sedangkan, orang berkulit coklat (gelap) mampu bertahan di bawah terik matahari yang sama sampai 3 - 9 jam.
Gejala sunburn tidak tampak seketika setelah terkena sinar matahari, akan tetapi baru terlihat setelah beberapa waktu. Gejalanya bermula dari rasa perih dan muncul warna merah. Rasa perih akan mencapai puncak setelah 6 - 48 jam tersengat matahari. Pada umumnya, hal itu mengakibatkan terjadinya pembengkakan kulit, terutama kulit kaki.
Radang juga sering dijumpai pada bagian tubuh yang berulangkali terkena sengatan sinar matahari, terutama punggung tangan dan wajah. Bagian wajah yang sering radang hidung, tonjolan pipi, bibir atas, dan dahi. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang bekerja di area terbuka dalam jangka waktu lama. Pencegahan bisa dilakukan dengan melindungi kulit dari sinar UV.
7. Lebih Higienis dan Tahan Terhadap Penyakit
Hijab dapat membuat kebiasaan anda berpola hidup bersih sehingga terhindar dari penyakit. Beberapa profesi bahkan ada yang mewajibkan menggunakan penutup kepala. Misalnya  pekerja di restoran atau rumah makan, perawat, klinik dan lain-lain. Tubuh yang lebih tertutup akan meminimalisir resiko terkena kontaminasi virus, kuman, bakteri, dan mikroorganisme lain.

Nah sahabat Hijabers, Hijab adalah kewajiban untuk setiap muslimah. Ternyata hijab memiliki manfaat bukan hanya sekedar membawa manfaat ukhrawi namun banyak juga manfaat duniawi nya.
Hijab tak hanya sekedar menjaga iman dan takwa pemakainya, namun juga bermanfaat bagi kesehatan anda sebagai seorang muslimah.

Salah satu cara untuk melindungi tubuh dari kanker kulit adalah dengan menutupi kulit. Salah satunya adalah dengan berhijab.

Demikianlah semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya para hijabers.
Terima kasih



Share this:

Enter your email address to get update from Tyler Fiber - Berita Kesehatan.

No comments

Terima kasih telah berkunjung, semoga apa yang Anda cari disini akan bermanfaat untuk Anda. Beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Tyler Fiber - Berita Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger